Ikatan Ion

PhotobucketBerbicara mengenai ikatan tentunya teman-teman jangan lupa juga membaca blog sebelumnya mengenai Ikatan Kovalen.
Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk karena adanya gaya elektrostatis antara ion-ion yang muatannya berlawanan. Faktor-faktor yang mempermudah terbentuknya senyawa ion adalah ionisasi yang kecil, afinitas elektron yang besar, dan energi kisi yang besar.
Ikatan ion lebih banyak terdapat pada senyawa-senyawa logam. Ikatan ion terbentuk karena adanya keelektronegatifan yang relatif besar. Pada ikatan ionik, salah satu atom kelebihan elektron dan menjadi ion yang bermuatan negatif. Sebaliknya, atom lain yang kekurangan elektron menjadi ion yang bermuatan positif. Interaksi elektrostatik antara ion-ion yang memiliki muatan berbeda inilah yang menyebabkan terbentuknya ikatan ion.
Beberapa sifat senyawa ionis:
a. Senyawa ion memiliki titik didih dan titik leleh yang relatif tinggi. Hal ini dikarenakan interaksi van der waals antar partikel dalam senyawa ion sangat kuat.
b. Pada suhu kamar senyawa ion berbentuk kristal ( kristal ion ).
c. Baik dalam keadaan cair ( meleleh ) maupun dalam larutannya senyawa ionis dapat menghantarkan arus listrik. Karena senyawa ion dapat terdisosiasi menjadi ion-ionnya dalam air.
d. Senyawa ion dapat larut dalam air, sehingga senyawa ion bersifat polar.

About these ads

About riskan

orang yang menjunjung tinggi arti teman dn sahabat.. orang yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk orang lain, keluarga, serta dirinya sendiri.. amin...
This entry was posted in Ikatan Kimia and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s